Share this:

ZERO POINT FIELD THEORY

By Panglima JUARA

Didalam sebuah Mall yang AC nya lumayan menggigit tulang, kami hampir 6 jam ngobrol tepatnya berdiskusi tentang prilaku perusahaan baik UMKM maupun menengah dan besar. Siang itu kita bertiga berkumpul dengan salah satunya adalah pakar psikologi dan ahli terapan yang malang melintang didunia psikologi baik sebagai praktisi maupun sebagai host acara sebuah televisi.

Di siang ini juga saya baru tahu ada istilah *ZERO POINT FIELD* sebuah istilah didunia yang jauh dari jangkauan keilmuan saya sebagai seorang lulusan tehnik mesin. Begitu gamblang saya diberikan penjelasan oleh beliau yang paham kosakata itu, kalau saya ceritakan kembali seperti ini :

*ZERO POINT FIELD THEORY* adalah sebuah teori yang mengatakan kalau sekarang ini kita yang duduk disini sedang membicarakan sebuah ide baru, maka ide itu langsung ke tarik ke sebuah wadah yang luas yang disebut ZPF. Dan sekaligus dibelahan bumi sana juga dipastikan ada sosok manusia lain yang juga sedang mendiskusikan ide yang sama tadi. Terus apa yang akan membedakan :
1. EXECUTION.
2. PENDAFTARAN PATEN & MEREK.

Nah… ternyata emang banyak sekali ide yang terkumpul di ZPF tetapu tidak semua penelur ide tersebut bisa meng exekusi bahkan sampai pada level mendaftarkan sebagai Paten maupun Merek yang dilindungi UU. Ada yang hanya berdiskusi sebatas tatanan ide. Ada juga yang tipical langsung exekusi tanpa menunggu sempurna. Ada juga yang menunggu sempurna baru diexekusi.

Kita pilih yang mana tergantung dari kategori ide dan kesempatan yang ada di kita. Kalau kita amati raksasa digital GOOGLE, mereka termasuk yang main hajar dulu dengan versi BETA baru sambil jalan disempurnakan. Termasuk juga di ayam GEPREK JUARA ada hal hal yang sifatnya harus sempurna baru di launch ada juga yang tidak perlu nunggu sempurna.

Seperti area internal audit quality assurance dan pelayanan di ayam GEPREK JUARA, sebagai management kami langsung mengexekusinya tanpa menunggu sempurna dengan menjadikan area DEPOK sebagau pilot project. Kalau menunggu sempurna bisa jadi aktivitas ini akan tidak pernah hadir sebagai tools evaluas kami.

Terimakasih kepada temen temen Area Depok yang telah menjadi PILOT PROJECT INTERNAL AUDIT, dan kedepannya aka kita implementasikan ke semua cabang dengan terus melakukan improvement improvement sehingga dari versi BETA akan menjadi versi mendekati SEMPURNA seperti apa yang dilakukan GOOGLE.

Salam JUARA
JUARA…JUARA…JUARA…LUAR BIASA!!!

Share this: