Share this:

Pada saat saya berkarya di perusahaan otomotif terbesar di Indonesia dengan omzet triliyunan, maka membuat sebuah system IT dan system system otomasi yang lain sangatlah gampang. Saya sebagai karyawan cukup bikin proposal kemudian acc ke bos bos kita, kalau disetujui ada benefitnya mengeluarkan uang puluhan M bahkan ratusan M juga biasa aja untuk development dan implementasi. Why ? karena perusahaan saya berkarya sudah BIG COMPANY masanya sudah layak seperti itu.

Bagaimana dengan kita yang baru memulai bisnis ? Sebagai seorang entrepreneur lulusan corpopreneur tentu saya juga ingin seperti itu. Tetapi apakah masanya sudah cocok ? apakah budgetnya udah masuk ?apakah member kita sudah siap ?

Banyak pertanyaan pertanyaan yang berkecamuk di kepala ketika memutuskan sesuatu strategy bisnis…menyesuaikan antara kondisi 4M (Man, Mesin,Methode,Material) dengan kondisi kita sekarang secara realita. Belum lagi mempertimbangkan QCDSM (Quality, Cost, Delivery,,Safety, Moral) agar dengan 4M yang ada bisa tercapai target, pastinya ingin seideal dan sebagus mungkin. Tetapi kadang saya harus berdamai dengan target saya…dan selalu ada gap antara ideal dan actual..tetapi sebagai leader kita harus tahu kapan gap itu akan kita persempit disesuaikan dengan masanya.

Salah satu tantangan di ayam GEPREK JUARA adalah management PROJECT DEVELOPMENT, tahun 2018 kita establish 50 outlet dengan commucation tool di seluruh dunia dengan menggunakan WA Group. Masa itu sudah pas dan cocok di tahun 2018. Tetapi akhirnya keluar feedback management sebagai berikut :

WA Group ini bagus memang buat top leader macam Panglima JUARA.
Waktunya banyak buat buka HP.

Tapi ga cocok buat operational kayak Pengelola Lokal gitu.
Karena mereka dituntut waktunya sebenernya lebih banyak ke operation daripada balas WA

Tapi kalo ga balas WA, di marahin management dan investor.

Serba sulit.

Ada yg merasa begitu ??

Tentunya feedback adalah menandakan saatnya kita mulai berbenah mencari 4M yang lebih cocok lagi khususnya di Mesin dan Methode.

Do you have idea my friend????…

Share this: