Sambal /sam·bal /n(Menurut KBBI) dilafalkan sambel adalah makanan penyedap yang dibuat dari cabai, garam, dan sebagainya yang ditumbuk, dihaluskan, dan sebagainya, biasanya dimakan bersama nasi. Bahasan lugasnya Sambel adalah cabai yang dilumatkan sehingga keluar kandungan sari cabe dan ditambah bahan-bahan lain seperti garamterasisehingga memberikan efek rasa pedas. Sambel merupakan salah satu unsur khas hidangan Indonesia sebagai hidangan pendamping untuk menikmati makanan pokok.

Sambel dapat bervariasi mulai dari tingkat rasa kurang pedas hingga tingkat sangat pedas tergantung jenis dan seberapa banyak buah cabai yang digunakan.

Fungsi utama sambel sebagai pelengkap makanan dengan rasa yang ditimbulkan tidak lain adalah pedas. Namun, bagi mereka yang menambahkan banyak campuran, akan menyebabkan pengurangan rasa pedas itu sendiri tetapi akan memberikan rasa yang lebih bervariasi. Sebagian orang menggunakan sambal hanya untuk menambah rasa ketika hidangan yang akan mereka santap tidak terlalu memiliki rasa yang dominan. Sambal sangat terkenal dan berkembang di Indonesia yang dikenalkan secara turun temurun dalam keluarga Indonesia. Masyarakat Indonesia yang berencana keluar negeri tidak luput membawa sambal sebagai bekal mereka, seperti pada saat mereka tour wisata, tour religi maupun umroh haji.

 

Ada beberapa macam variasi sambel di seluruh pelosok nusantara, sekitar 20 an sambel yang popular :

Sambel asam Sambel ini mirip sambel terasi dan mengandung asam, biasanya asam jawa.

Sambel bajak Cabai untuk sambel ini digoreng dengan minyak yang ditambah dengan bawang putihterasi, dan bumbu-bumbu lainnya.

Sambel belacan/terasiSambel ini mengandung belacan atau udang yang dilumatkan. Sambel ini juga dapat digabung dengan bahan lain seperti kangkung untuk menghasilkan sambel kangkung, dengan cumi-cumi untuk menghasilkan sambel sotong, dan dengan telur untuk sambel telur.

Sambel korek Sambel yang hanya terbuat dari cabai dan garam, dinamakan korek karena biasanya disajikan di ulegan dan langsung dikorek dengan lauk dari makanan pokok seperti ayam geprek, tempe, tahu, yang menjadi sambel favorit di ayam GEPREK JUARA. Restoran yang mengusung tema Nasionalisme dan Pemberdayaan untuk menjadi restoran kerakyatan pertama yang berjejaring nasional dengan harga rakyat.

 

Sambel dabu-dabuSambel berasal dari Manado, mirip saus salsa Meksiko, dibuat dari tomat, garam, basiljeruk kesturi dan cabai.

Sambel jeruk Cabai hijau, atau cabai merah, dengan atau tanpa campuran cabai rawit, dibubuhi perasan jeruk nipis.

Sambel kecap Irisan cabai rawit, cabai merah, bawang merah digoreng, kecap manis dan irisan jeruk limau, rasanya pedas dan segar. Biasanya untuk teman makan ikan bakar, telur ceplok atau cocolan tahu/tempe goreng.

Sambel kemiri Sambel ini mengandung kemiri dan parutan kelapa muda.

Samba lado Sambel ini berasal dari Minangkabau. Cabai untuk sambel ini dikukus setengah matang bersama bawang putih, bawang merah atau bawang bombai, dan tomat. Lalu digerus kasar dan diberi perasan jeruk nipis serta garam dan digoreng sebentar. Biasanya sambel ini memiliki cita rasa yang sangat pedas.

Sambel manis Sambel dengan komposisi cabai, bawang, gula, dan lumatan kacang tanah yang telah digoreng.

Sambel pencit Sambel ini dicampur dengan irisan buah mangga muda (Jawa: pencit).

Sambel penyet Ini adalah variasi sambel bajak, dengan bahan-bahan berupa cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, sedikit kemiri atau kacang mete, terasi, dan banyak tomat, yang digoreng hingga matang. Semuanya kemudian digiling lembut dengan ditambahi garam dan gula secukupnya. Dimakan sebagai lauk nasi dengan ikan (laut atau darat), tempe atau tahu goreng yang dipenyet (ditekan hingga melesak) di atas sambel. Dapat juga telur atau terong, rebus atau goreng, dipenyet di atasnya.

Sambel petis Sambel bajak yang dibubuhi petis dan digoreng, serta ditambahi dengan sedikit air matang. Adakalanya ke dalam bahan-bahan sambel bajak itu ditambahkan sedikit kacang tanahgoreng, sebelum digerus bersama.

Sambel setan Sambel yang sangat pedas dengan Cabai Madame Jeanette.

Sambel tempoyak Sambel ini seringkali ditemukan di daerah Sumatera SelatanBengkulu dan Lampung. Sambel ini terbuat dari tempoyak (fermentasi daging buah durian masak) yang dicampur dengan cabai halus dengan tambahan bumbu lain seperti garam, penyedap rasa dan gula. Pada variasinya seringkali ditambahkan perasan jeruk purut. Sambel ini dapat disajikan sebagai sambel matah ataupun masak sebagai pelengkap makan.

Sambel teri Sambel teri adalah sambel yang bahan utamanya ikan teri (tawa) dan kacang tanah.

Sambel tomat Sambel ini dicampur dengan tomat, baik yang diiris kecil-kecil atau dilumatkan bisa juga tomat goreng.

Sambel udang Cabai digoreng dengan minyak, bawang putih dan udang.

Sambel uleg Beberapa resep juga menggunakan garam dan jeruk nipis.

Sambel uyah-lombokSambel uyah-lombok hanya terbuat dari cabai segar dan garam. Sambel ini biasa dimakan dengan nasi putih dan lauk yang digoreng, seperti serundengempal goreng, dendeng ragi, dan tempe goreng.

Cara mengolah sambel paling banyak menggunakan cara tradisional dengan ulegan yang terbuat dari batu gunung atau menggunakan blender. Tentu saja secara taste akan menghasilkan rasa yang sedikit berbeda. Di ayam GEPREK JUARA memilih untuk membuat sambel korek langsung fresh di depan pelanggan menggunakan ulegan yang bisa menghipnotis pelanggan terbawa ke masa lalu jaman mereka masih kecil dan dibuatkan sambel korek oleh orang tuanya, pada saat pelanggan melihat secara langsung proses pembuatan sambel korek yang fresh diuleg didepan mereka. Proses inilah yang membuat ayam GEPREK JUARA sedikit berbeda dengan restoran sejenis, tetapi membuat pelanggannya selalu kangen untuk datang kembali.

Malam ini ayam GEPREK JUARA kedatangan pelanggan yang ingin menikmati ayam geprek terenak dengan sambel korek 50 biji cabai rawit. Mas Topik ternyata pelanggan pertama kali yang membuat sambel korek diayamin, bukan ayam geprek di sambelin.Ayam geprek yang dibuat geprek crew menjadi tertutup full dengan sambel korek 50 cabai tetapi tetap menimbulkan selera makan paling enak. Ternyata menjadi keseruan tersendiri ketika mas Topik menghabiskan menu yang telah dipesannya dengan disiram pemadam kepedesan untuk mengurangi rasa pedes yang membalut lidahnya.

Ditunggu kedatangan para Sahabat JUARA yang ingin memecahkan rekor ayam disambelinnya mas Topik, agar Panglima JUARA bisa tahu kalau ada sahabat JUARA yang memecahkan rekor mas Topik, boleh colek Panglima JUARA di WA 08121055458, IG : ayamgeprek_juara, FB : ayam GEPREK JUARA, dapatkan kenangan terindah dari Panglima JUARA.