Share this:

Penipuan Menggunakan Cara Pemadaman Listrik Dari PLN..Awas Hati Hati!!!

Hari ini Rabu 23 Mei 2018 sekitar jam 15.00 WIB datang seorang pria dengan setelan Safari Hitam ke dalam Outlet Ayam Geprek JUARA Sambiroto Semarang. Setelah masuk terlihat gerak gerik Pria tersebut sedikit mencurigakan mencari titik stop kontak sambil bertanya kepada Crew Ayam Geprek JUARA Sambiroto Semarang. Ternyata Pria tersebut membawa selebaran yg isinya adalah pemberitahuan akan ada pemadaman listrik untuk 2 Hari kedepan. Selebaran tersebut berkepala surat PT. PLN Persero, Distribusi Jawa Tengah Dan DI Yogyakarta yang isinya adalah pemberitahuan pemadaman listrik bergilir selama 2 hari di tanggal 24 dan 25 dari jam 08.50 sd 19.45.

Kemudian Pria tersebut menawarkan Peminjaman Genset secara Gratis terlampir di selebaran yang dibawa Pria tersebut yang disediakan olehnya.

Saat mau diajak diskusi Pria tersebut melihat sekeliling area Dine In Ayam Geprek JUARA Sambiroto. Entah alasan apa setelah melihat terpasang beberapa titik CCTV, Pria tersebut langsung keluar ijin beralasan mengambil sepeda motor terlebih dahulu. Setelah 30 menit ditunggu, ternyata Pria ini tidak kunjung datang. Malah yg datang adalah tetangga Ruko yg menanyakan perihal kalau mau nebeng aliran listrik karena infonya Ayam Geprek JUARA Sambiroto ini mau dipinjemin Genset oleh PLN. Dan Pria ini menawarkan kabel untuk sambungan ke tiap Ruko. Sedikit merasa ada yg aneh saya berusaha bertanya kepada teman yg bekerja di PLN dan teman tersebut menyarankan untuk menghubungi 123 Call Center PLN.

Dengan rasa penuh tanda tanya saya mencoba menelpon Call Center PLN di 123. Bertanya perihal berita pemadaman ini apakah benar adanya atau tidak. Dan ternyata info tersebut adalah tidak benar adanya alias HOAX. Bahkan tanpa ragu CS PLN 123 menyatakan itu adalah Modus Penipuan yg belum lama terjadi di area Yogyakarta. Modusnya adalah meminjamkan dengan FREE tetapi saat pengembalian akan ada “pemalakan” perihal BBM dan Transportasi Unit Genset tersebut yang nilainya bisa jutaan rupiah dan penyewa tidak bisa berkelit karena sudah tanda tangan kontrak sewa di depan.

Beberapa TIPS dari Panglima JUARA agar kita sebagai warga selalu berwaspada dan hati-hati berhubungan dengan modus penipuan yang beraneka ragam dan makin aneh-aneh menggiring perasaan calon warga yang akan di tipu :
1. Petugas PLN harusnya pake baju seragam PLN. Semua petugas gitu. Air juga sama.

2. Harusnya mereka ada id karyawan.

3. Kalau ada ginian harusnya ada surat tugas langsung ke diri ybs. Contoh utk pencabutan unit atau sejenisnya.

4. Minta id karyawan sama ktp utk di cocok kan. Kalau bisa difoto.

5. Anormality, Kalau dari suratnya banyak kejanggalan.
Perihalnya tertulis pemberitahuan dan peminjaman genset dari PLN padahal pelanggan PLN ada Jutaan.

6. Ttd nya sama manajer. Harusnya surat ke customer tdk di level manejer. Harusnya di atas itu. 😊

7. Pasang CCTV agar penipu-penipu pada mawas diri dan kabur karena takut ada barang bukti video apabila jadi tindak kriminal.

8. Selalu waspada dengan STOP, CALL, WAIT koordinasi dengan atasan/rekan kerja/teman yang lebih paham dengan proses prosesnya.

9. Pergunakan selalu call center resmi untuk melakukan konfirmasi.

Buat semua pihak harus tetap waspada terhadap Modus yang tergolong baru ini. Tidak hanya Ayam Geprek JUARA Sambiroto yang bisa menjadi calon korban tetapi bisa juga kita semua. Tetap waspada konfirmasi ke pihak terkait jika menemukan ada kejanggalan dalam setiap tindakan baik dari petugas atau oknum atau memang sindikat kejahatan.

Salam JUARA…
Ayam Geprek JUARA Sambiroto
JL Sambiroto Raya No 45
Semarang

Share this: