Share this:

Beberapa tahun yang lalu sempat viral foto seorang pimpinan perusahaan BUMN yang meringkuk tidur di bangku angkutan umum kereta api, di sela sela kesibukannya bekerja. Banyak yang mengapresiasi kejadian itu, menandakan bahwa beliau pekerja keras dalam bertugas. Dan beliau juga seorang manusia biasa yang bisa capek. Tetapi ada juga yang mencibir menudingnya pencitraan, hanya mencari muka didepan rakyat dan atasannya.

Saya termasuk yang mengapresiasi beliau, karena sejak kepemimpinan beliaulah moda transportasi angkutan umum Kereta Api mengalami peningkatan pelayanan luar biasa. Sudah tak ada lagi pedagang asongan yang naik turun di kereta api. Tak ada lagi penumpang yang berjejalan di setiap rute rute yang di laluinya. Tak ada lagi pemandangan orang berebutan naik bahkan sampai masuk lewat jendela di gerbongnya. Luar biasa pondasi yang beliau tanamkan di barengi dengan semangat ingin maju dari segenap karyawan PT Kereta Api Indonesia. Telah membawa perubahan luar biasa 180 derajat dari masa buruknya dulu, menjadi PT KAI seperti sekarang ini.

Bahkan sekarang kereta api menjadi salah satu moda unggulan saya ketika saya bisnis traveling ke kota kota yang tak terjangkau dengan pesawat terbang. Cukup beli tiketnya via internet, bisa milih no duduk sendiri juga. Bahkan kalau sekarang mau cancel perjalanan juga bisa langsung refund lewat aplikasi tempat kita membelinya. Hampir semua pengguna kereta api mengacungkan jempol atas pelayanannya sekarang ini.

Organisasi bisnis ibaratkan rangkaian gerbong kereta api. Ada yang berfungsi sebagai lokomotif, resto KA, maupun gerbong penumpang. Kemana arahnya kereta api di tentukan oleh lokomotifnya, mau berjalan dengan kecepatan tinggi atau sedang ada pelan tergantung lokomotifnya. Fungsi leader dalam sebuah organisasi mirip dengan fungsi lokomotif.

Agar sebuah organisasi bisnis berjalan dengan baik diperlukan kehadiran seorang leader yang mampu memberi contoh.Tidak hanya mampu tunjuk sana tunjuk sini dan garang di meja meeting maupun hanya di atas kertas. Semoga semua pimpinan (Pengelola Lokal) ayam GEPREK JUARA selalu bisa memberi contoh untuk membawa restorannya menjadi yang terbaik dalam melayani masyarakat Indonesia.

Share this: