Share this:

Berlatih berarti belajar dan membiasakan diri agar mampu (dapat) melakukan sesuatu. (berbuat agar menjadi biasa).
Terlatih adalah mereka yang memiliki keahlian dalam bidang tertentu dengan melalui pengalaman kerja yang berulang ulang sehingga mampu menguasai pekerjaan tertentu.

Setiap orang perlu berlatih agar terlatih bisa melakukan aktivitas sesuai bakat, hobi, atau mimpinya dengan baik. Hal ini berlaku buat semua individu. Termasuk mereka yang memiliki bakat alami. Agar bisa benar-benar berhasil, kita harus berlatih secara efisien sesering mungkin.

Berlatih adalah tindakan yang di ambil setelah memiliki mindset. Urutannya sebagai berikut :
1. Mindset.
2. Tindakan.
3. Kebiasaan.
4. Karakter.
5. Kondisi kita sekarang.
Perjalanan dari memutuskan di mindset kita sampai kita mampu berlatih untuk terlatih. Dengan mengambil tindakan sampai akhirnya menjadi nasib, itu perlu perjalanan panjang minimal 5-10 tahun.

1. *MINDSET mulailah dengan TUJUAN AKHIR*.
Pikirkan apa yang Anda inginkan dengan berlatih, entah menjadi pelari yang hebat atau ingin memiliki cabang restoran diseluruh kota kabupaten yang ada di Indonesia seperti ayam GEPREK JUARA. 
Dengan mengetahui tujuan akhir, kita bisa melakukan latihan terbaik sesuai kebutuhan. Tentukan tujuan akhir yang SMART (Specific, Measurable, Achievable, Relevant, Timeline).

2. *FOKUSLAH pada KEKUATAN*, beberapa dari kita memiliki prinsip fokus pada kelemahan. Akhirnya dikembalika kepada tujuan akhirnya, kalau kita ingin lari sprint, berlarilah sendirian. Tetapi kalah kita ingin lari marathon berlarilah bersama sama atau kolaborasi. Makanya kalau saya lebih seneng fokus pada kekuatan, karena untuk mencapau tujuan akhir ayam GEPREK JUARA berada di One City One JUARA maknanya saya tidak bisa melakukannya sendirian harus berkolaborasi. Maka tiap member di ayam GEPREK JUARA haruslah berfokus pada kekuatan masing masing sehingga akan saling menutupi kelemahan masing masing dengan cepat dan akurat.

3. *RENCANAKAN latihanmu*, tentunya kalau kita ingin bisa mengangkat barbel 150kg. Tidak mungkin tiba tiba kita langsung latihan mengangkat bebas 150kg, tetapi pasti mulai dengan bertahap atau di bagi kecil kecil dulu latihannya semakin lama semakin naik. Kalau ayam GEPREK JUARA ingin berada di 500an kota kabupaten di Indonesia, tentunya tidak bisa serentak langsung buka outler. Pastilah latihan dulu buka outlet dulu secara bertahap mulai dari enam bulan sekali sampai mungkin akan sehari sekali. Bulan januari kita buka AGJ Pontianak, bulan Februari kita buka AGJ Pondok Aren dan tanggal 18 Feb kita buka AGJ Rawamangun. Dari sebulan sekali sekarang sudah sebulan 2x buka outlet.

4. *FOKUSLAH berlatih dengan sungguh sungguh*. Walaupun Anda bisa berlatih mengangkat barbel sambil menonton TV. Cara ini akan membentuk kebiasaan buruk dan memperlambat proses belajar karena sulit berfokus dengan baik. Berlatihlah dengan sungguh-sungguh dan penuh konsentrasi agar Anda bisa memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Setelah menyelesaikan tugas dan latihan, cobalah mengevaluasi prosesnya. Saya pernah memiliki pengalaman sukses yang tertunda dengan membuka outlet ayam GEPREK JUARA, bersamaan membuka Bakmi JUARA dan Dapoer JUARA, saya tidak fokus dalam berlatih.

Berlatih untuk terlatih di hasil akhirnya adalah kita akan menjadi pribadi yang memiliki intuisi yang tinggi. Mampu merubah sesuatu yang negatif mejadi positif diatas rata rata orang. 5 kiat sukses JUARA ini menjadi salah satu panduan buat semua stakeholder yang berada di lingkungan JUARA dalam berlatih agar bisa terlatih.

Dunia selalu penuh ketidakpastian, mereka yang memiliki intuisi yang tajam dan cepat menyesuaikan diri karena latihan akan menjadi JUARA

Dikirim oleh Agung Prasetyo Utomo pada Minggu, 17 Februari 2019

Salam JUARA
Panglima JUARA

Share this: