Share this:

Dituliskan kembali di ketinggian 37.000 kaki, Jakarta Denpasar, Airbus 330-300

Dialoq siang ini bersama sahabat saya Om Yani, yang salah satu temen di komunitas entrepreneur dan selama ini menjadi salah satu suhu saya dalam menjelajahi dunia kewirausahaan. Bulan lalu beliau berkesempatan menjadi observer di kegiatan JUARA CAMP 2019 yang saya adakan.

Juara Camp adalah salah satu metode yang saya kembangkan dalam rangka membangun Jaringan Usaha Amanah Ridho Allah, dengan memilih 5 orang peserta untuk berkesempatan homecoming selama 3 hari 2 malam, 3 x 24 jam bersama Panglima JUARA, menginap di rumah saya, melakukan perjalanan bersama saya, bebas biaya dan akomodasi GRATIS. Tujuan dari JUARA Camp adalah menyamakan Visi Misi untuk mereka yang akan bergabung dengan JUARA sebagai Pengelola Lokal dan Pengelola Pusat (Brand Owner).

Setelah hampir 2 bulan kita bersama saya di JUARA, walaupun om yani masih sebagai observer, saya hari ini menanyakan ke beliau tentang hasil observasinya :

Bapak sekarang melihat JUARA seperti apa?

Jawaban beliau cukup mencengangkan saya, sebagai berikut :

JUARA adalah format ideal. 
Tentang JUARA. KENAPA SAYA BILANG INI KONSEP IDEAL.. BEGINI 👇👇
Juara adalah konsep ideal (dari kacamata saya) karena;

1. JUARA tidak semata mengejar DUNIA. Kalau mau gampang kan JUARA bisa bikin Franchise (BO) seperti yang lainnya. Jual lisensi. Masuk ratusan juta bahkan milyar. Selesai.

2. JUARA mau repot nyari Pengelola Lokal (Lokal Hero, pengusaha tanpa modal di setiap kota yang mendapatkan permodalan dari JUARA baik financial maupun ilmu, tanpa hutang, tanpa agunan, tanpa bunga, tanpa cicilan,tanpa denda, tanpa penalty, tanpa sita, berakadkan syirkah). Benar banyak orang butuh kerja. Tapi bukan hal mudah mencari Pengelola Lokal (PL). Kalau mau gampang kan tinggal bikin lowongan. Seleksi. Terima sebagai pekerja. Selesai.

3. JUARA punya konsep menyeluruh. Sesuai blue print yg pernah (Panglima sampaikan kepada kami). Sangat komprehensif. Uniknya beberapa fungsi yg di bisnis lain jadi cost center diformulasikan menjadi profit center meski masih butuh pengujian oleh waktu. Contoh. Fungsi marketing. Fungsi SDM. Fungsi pelatihan. Itu adalah cost center dalam konsep bisnis lama. Tapi Juara mengubahnya menjadi profit center dengan menjadikan mereka badan hukum usaha mandiri. Cerdas!!!

4. Konsep SYIRKAH. Meski bank masih soal khilafiyah. Atau bagi sebagian penndukung khilafah masih daruroh karena itu bank boleh dimanfaatkan/ dipakai. Tapi bagi banyak orang (dan ini terus berkembang meluas) berpandangan Bank adalah Riba.
Nah konsep Syirkah ala JUARA menjawab soal itu. Jadi siapapun bisa bergabung di JUARA. Termasuk yg anti Bank.

Apa lagi ya. Sementara ini dulu deh PANGLIMA 😊

Mengapa saya melihat JUARA adalah konsep.bisnis ideal dari sudut pandang saya.
Oia satu lagi. Dan ini pernah saya katakan sebelumnya.

JUARA dari latar belakang saya puluhan tahun di dunia PEMBERDAYAAN dan 10 tahun terakhir juga berinteraksi dengan komunitas bisnis. KONSEPNYA dapat menutupi kelemahan elementer model Pemberdayaan di kedua komunitas.

Di NGO biasanya sangat karitatif dan tergantung bantuan. Baik dari lembaga donor atau pemerintah. Mereka ini memiliki kelemahan elementer karena mindset yang dibina jadi sangat bergantung pada bantuan.

Tanpa bantuan ngak jalan. Program selesai. Usaha selesai.

Karena mereka terima bantuan maka bantuan tak perlu dikelola dengan baik. Toh nanti akan ada bantuan / program lain. Kemarin saya melatih pendamping Kemenaker dan menyeleksi Pendamping Kementan. Mindset ini sangat dominan. Susaah sekali mengubahnya.
Di kalangan pebisnis. Mereka biasanya melakukan bantuan dengan cara bikin YAYASAN sebagai CSR nya. Dan polanya ya bantuan. Kayak di atas. Maka sama saja..jarang yang sukses.

Alhamdulillah beberapa perusahaan sudah mengubahnya seperti Mandiri atau Telkom. Tapi kan tetap dari dana CSR.

Nah ini bedanya JUARA. Empowering The People integratif dan konsep bisnisnya. Kalaupun ada Yayasan JUARA ini adalah hal yg lain.JUARA ingin membedakan secara tegas mana sosial dan mana cari profit, yang sosial di Yayasan JUARA, yang cari profit ya di perusahaan perusahaan yang ada.

Tapi JUARA sejatinya adalah PEMBERDAYAAN lewat BISNIS.

Dan Visinya menembus batas DUNIA. Karena mengejar RIDHO ALLAH sebagaimana akronimnya JARINGAN USAHA AMANAH RIDHO ALLAH 👍👍👍
Beruntung Allah mempertemukan saya dengan Panglima. Visi JUARA mengajak semua stake holdernya untuk mendapatkan Pasive Income > Kebutuhan Hidup + Gaya Hidup dalam rangka meraih Time dan Financial Freedom, melalui JUARA JOURNEY, sangatlah mencengangkan saya.

Saya timpali : Iya bener sekali uraian om yani, tetapi terkadang saya sudah ingin berhenti. Beban ini semakin lama semakin berat. Tidak mudah menjadi Panglima JUARA. Banyak kejadian yang kadang membuat saya ingin menyerah, semoga Allah selalu meridhoi perjalanan JUARA.

Om yani ijin pamit sambil berkata :
Nikmati saja prosesnya Panglima. Jangan rasakan sebagai beban. (Maaf lancang😁)
PANGLIMA selalu bilang. Mulai dari akhir. Yang penting kita sudah tetapkan TUJUAN. Dan TAHU MAU KEMANA. 
Selanjutnya tinggal menjalaninya dengan penuh rasa bahagia dalam setiap tarikan nafas kita.
Saya ijin jalan dulu Panglima. Terimakasih telah menjadi sahabat yang luar biasa

Panglima JUARA menulis ,Saya tutup dengan sebuah doa dan pengharapan : Semoga JUARA yang saya cita citakan menjadi sebuah pergerakan kebangkitan ekonomi kerakyatan nasional ini bisa menjadi ladang ibadah, ladang manfaat dan ladang profit semua pihak. Menjadi salah satu pemersatu bangsa dalam semangat KOLABORASI, PEMBERDAYAAN, NASIONALISME sebagai 3 Pilar JUARA.

Terimakasih om yani atas semua pesan pesannya. Semoga Allah selalu melindungi kita semua baik di dunia maupun di akherat….

Kabar baiknya, minggu ini Panglima JUARA didampingi team Akademi JUARA Indonesia (AJI) akan menyelenggarkan JUARA CAMP 2019 #2 untuk Calon Pengelola Lokal : Tegal, Serang, Medan, dan Pengelola Pusat Steak JUARA : Salatiga-Semarang

Penasaran tentang JUARA, bolehlah kontak ke Akademi JUARA Indonesia (AJI)…kepoin aja di situ…yang mau jadi Pengelola Lokal maupun Pengelola Pusat…

Salam JUARA
Panglima JUARA-Manusia 5 Kuadran

Share this: