Share this:

Midas (bahasa Yunani: Μίδας) adalah salah seorang raja dalam mitologi Yunani. Dia adalah figur yang terkenal karena kemampuannya untuk mengubah semua yang ia sentuh menjadi emas. Kemampuannya disebut sebagai sentuhan Emas atau sentuhan Midas.

Ada 2 orang yang terinspirasi dari cerita raja Midas ini menuliskan sebuah buku berjudul Midas Touch yaitu Donald Trump dan Robert Kiyosaki yang dikorelasikan dengan entrepreneurship.

Saya sudah baca bukunya dalam versi bahasa Indonesia, dan saya ceritakan kembali ke Sobat JUARA seperti pemahaman saya sekaligus implementasinya dalam bisnis JUARA. Silahkan disimak sampai selesai ya.

Sentuhan Midas mengupas langkah-langkah agar setiap orang bisa menjalani profesi Bisnis Owner atau Pengusaha. Bukan sekedar pengusaha melainkan pengusaha yang berhasil dan sukses. Midas touch berarti kemampuan atau sentuhan untuk mengubah sesuatu menjadi emas. Sentuhan tersebut dilambangkan dengan lima jari tangan, dimana masing-masing jari tangan tersebut mempunyai peranan yang sangat penting.

1.*Ibu Jari = KARAKTER*
Setiap pengusaha harus memiliki karakter yang kuat.Karakter karakter positif dari seorang pebisnis mulai dari Kejujuran, Amanah, Loyal termasuk juga karakter untuk menanggung kesalahan dan kekecewaan yang mengiringi upaya untuk menciptakan sesuatu dari ketiadaan atau selalu berinovasi untuk memecahkan masalah orang lain yang akhirnya orang akan menggunakan produknya dia.

2.*Jari telunjuk = FOKUS*
Bisnis Owner haruslah memiliki fokus atas apa yang dikerjakannya. FOCUS sebagai Follow One Course until Successful ( Mengikuti Satu Jalan Sampai Berhasil). Karena sebagai entrepreneur terkadang kita keluar WC pun ada ide dan tergoda untuk melakukan hal lain padahal belum saatnya kita melakukan diversifikasi.

3. *Jari Tengah = MEREK*
Merupakan jari terpanjang di tangan kita, yang mencerminkan apa yang kita jaga. Merek bukan lah logo. Merek adalah janji yang kita tawarkan dan pengalaman yang kita berikan kepada pelanggan. Tanpa merek yang kuat dan tekad untuk membuat dunia tau soal merek itu, Kita tidak akan mendapatkan sentuhan midas. Inilah salah satu dorongan ke saya pribadi yang akhirnya membuat merek sendiri yaitu JUARA = Jaringan Usaha Amanah Ridho Allah, dengan salah satu produknya adalah ayam GEPREK JUARA.

4.*Jari Manis = NETWORK*
Bagaimana mendapatkan mitra yang baik, menjadi mitra yang baik dan membangun berbagai tipe hubungan untuk meraih kesuksesan. Termasuk juga dengan semua kuadran yang ada mulai dari Employee, Self Employee maupun Investor, Networking adalah salah satu kunci melakukan kolaborasi. JUARA dibangun dengan semangat Kolaborasi, Pemberdayaan, Nasionalisme dengan harapan semua kuadran yang menjadi stake holder memiliki hubungan yang kuat dan saling menguatkan. Tidak hanya mengejar harta tetapi membangun hubungan emosional bounding menjadi pilar pertumbuhan ekonomi kerakyatan. Dengan culture masyarakat Indonesia yang penuh dengan semangat gotong royong, tersebutlah Manusia 5 Kuadran atau Collaborator.

5.*Jari kelingking = DETAIL*
Mewakili hal-hal kecil / detail yang berarti karena merupakan jari paling kecil. Ada perbedaan besar antara hal-hal kecil yang berarti dengan berpikir kecil. Hal-hal kecil yang berarti adalah konsep yang dikenal sebagai keunggulan kompetitif dalam bisnis. Bagaimana kita bisa membuat modelling bisnis yang unique, yang memiliki entry barrier yang tinggi sehingga membuat bisnis kita menjadi sesuatu yang di cari oleh pelanggan.

Dengan perpaduan 5 jari diatas maka kita sebagai entrepreneur ditargetkan bisa menjadi bisnis owner yang sukses. Karena dengan sentuhan tangan kita maka barang yang kita sentuh akan menjadi emas atau sukses.

Pertanyaannya adalah manusia pada dasarnya memiliki banyak kekurangan dan kelebihan. Apakah kita akan focus kekurangan atau kelebihan kita? Itu menjadi pilihan masing masing pribadi.Tetapi kita semua pasti ingin menutupi kelemahan kita, bagaimana caranya?agar cepat dan akurat.

diantara ke 5 syarat diatas, yang wajib dimiliki oleh Bisnis Owner adalah KARAKTER, yang 4 lainnya bolehlah tidak begitu kuat. Tetapi karakter menjadi syarat mutlak untuk menjadi Bisnis Owner yang sukses.

Nah, karena Panglima JUARA menyadari bahwa sebuah bisnis memang harus dibangun dari 5 point diatas, juga merasa bahwa dengan kemampuan diri sendiri tidak mampu untuk mewujudkan ke 5 point diatas. Maka dalam membangun JUARA Group, menggunakan Tiga Pilar JUARA, yaitu Kolaborasi, Pemberdayaan, Nasionalisme. Karena dengan kolaborasi akan membuat bisnis di running oleh mereka mereka yang bisa menjadi masing masing jari sebagai strength culturenya. Karakter, Fokus, Merek, Network, Detail dikolaborasikan dengan berjamaah baik itu Karyawan, Investor, Pemilik Merek, Pengelola Lokal Juara dan terwujudlah bisnis JUARA mulai dari ayam GEPREK JUARA, Juara Roti Indonesia, Juara Properti Indonesia dll.

Strategy tersebut diharapkan bisa menjadi katalisator dalam membangun SENTUHAN MIDAS. Gimana Menurut temen temen semuanya???? 08121055458

Share this: