Share this:

Nyari yang gratis* yuk

Cost Leadership adalah salah satu opsi strategi manajemen untuk menang-menang. Beberapa hal yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan value driver kepada tekanan eksternal untuk memperkuat internal.

Salah satu nya dengan memperkuat daya tawar kepada suplier. Bergaining power to suplier. Sederhananya area ini padat modal dengan tentu relationship and negoatiation skill wajib bagus.

Tujuannya apa, agar mendapatkan best price (harga terbaik) pada bahan baku (raw material) utama dari produk kita.

*ini nyawa bisnis* abaikan ini jika ingin flow bisnis terganggu. Sekali produk tidak tersedia, ceruk pasar akan di isi kompetitor (yang agresif dan data based orientation) dan distribution coverage di Hajar, siap siap kue market share tergerus. And say dada to Your Business sustanibility.

Lantas apa yang dilakukan (korporasi yang padat modal) terkait hal ini . Ya betul kuasai hulu hilir . Gak mudah gais, tapi dengan team up dan manajerial yang kuat. Ini lazim terjadi.

Sebenarnya apa yang terjadi jika hulu hilir di kusai ( SCM ) nya menang dan sustain. Mereka melakukan strategi *interfinancing*

Oke, pasti panjang kali lebar membahasnya, tapi sederhananya kasih unit bisnis terkait dalam satu rantai kita harga spesial (minimal HPP). Maka aliran uang akan berputar disitu situ aja. Masuk saku kiri keluar saki kanan.

Semua unit bisnis akan hidup dan tumbuh , kasih HPP bukan gratis atau nol HPP. Ya mereka juga harus operate bisnis.

Masih suka dengan gratisan?

Have a grades day

Your Learning Partner
Uncleslam

Share this: