Share this:

Inside Boeng 737-800, flight Lombok to Jakarta, ketinggian 30.000

Hidup emang melulu bukan uang, tetapi tanpa uang juga hidup juga akan mengalami beberapa kendala.Bahkan sebagian orang memiliki prinsip uang adalah sebagai alat untuk mati bahagia.

Dan bagaimanapun juga masalah keuangan ini menjadi sebuah bagian dalam setiap insan manusia yang masih hidup di dunia. Uang pada dasaranya adalah alat tukar tidak mengenal haram dan halal, uang sifatnya netral, bahkan kalau dibakar juga diam ngikuti apa kata pemiliknya.

Tetapi uang juga diperlukan untuk memenuhi kebutuhan primer anak manusia seperti sandang, pangan, papan. Bahkan kalau mau beli menu paket ayam GEPREK JUARA baik dine in di restoran, maupun pesan lewat ojek online atau bahkan pesan nasi box buat makan ramai ramai juga memakai uang tidak bisa menggunakan barang lain.

Tetapi ternyata bagaimana menghasilkan uang dan mengakumulasikan uang tidak diajarkan di saat kita ada di bangku sekolah bahkan mulai dari SD, SMP, SMA bahkan di kuliah pun juga tidak di ajarkan. Padahal salah satu ukuran kesehatan yang perlu di raih adalah Financial Wellness (Kesehatan Financial), bukan hanya kesehatan fisik dan kesehatan spiritual. Bahkan pengalaman saya sendiri ketika masuk di perusahaan multi nasional juga tidak dibekali tentang bagaimana mengelola keuangan.

Meskipun pada saat menjadi pimpinan kerja, saya banyak menemui temen-temen saya yang selevel lulusan sarjana, bahkan lebih tinggi jabatannya dari pada saya mengalami kesulitan financial. Padahal secara pendapatan mestinya gak jauh-jauh beda dengan saya, bahkan kalau yang jabatannya di atas saya pastinya memiliki pendapatan yang lebih besar dari saya.

Apalagi kalau turun lagi ke level operator yang notabene lulusan SMK/SMA, saya banyak menemui mereka mengalami kesulitan finansial, padahal kalau diperusahaaan dulu saya kerja, pendapatan mereka bahkan bisa lebih gede jauh dari UMR karena mereka mendapatkan lemburan.

Setelah saya gali lebih dalam lagi, ternyata saya menemukan temen temen saya yang mengalami kesulitan keuangan bukan mereka tidak bisa menghasilkan uang tetapi ternyata mereka tidak memiliki kemampuan melakukan pengelolaan keuangan. Sebagai anak manusia yang selama hidupnya akan selalu berhubungan dengan uang, maka ada 5 keahlian yang wajib dimiliki tentang uang dan itu tidak akan pernah diajarkan di sekolah umum. Tetapi kita wajib untuk mengetahui bahkan wajib mempraktekkan keahlian itu agar kita bisa mencapai kesehatan financial.

Salah satu target kesehatan financial di JUARA GROUP sebagai salah satu komunitas bisnis dan investasi adalah memiliki pasive income lebih besar dari kebutuhan hidup dan gaya hidup dalam waktu 5 tahun.

Saya akan menjelaskannya kali ini dengan bahasa praktis yang akan mudah di pahami oleh sobat JUARA semuanya , berikut 5 keahlian tentang uang yang wajib kita miliki :

  1. Keahlian Me-generate Uang

Keahlian pertama yang kita wajib miliki adalah bagaimana kita bisa melakukan aktivitas baik itu sebagai Employee, Self Employee, Bisnis Owner, Investor bahkan sebagai Collaborator bisa menghasilkan uang yang lebih besar dari kebutuhan dan gaya hidup kita. Dan ternyata di area ini banyak sekali yang ahli untuk menghasilkan uang, tetapi kenapa mereka merasa mengalami kesulitan keuangan???Ternyata mereka tidak mengetahui atau bahkan tidak mengerti 4 keahlian lainnya.

2. Keahlian Mengalokasikan Pengeluaran Uang

Ada pendapatan pastinya ada pengeluaran, dan untuk bisa sehat secara finansial maka keahlian mengalokasikan pengeluaran uang ini menjadi hal wajib yang harus dimiliki. Harus bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan, harus tahu mana itu butuh, mana itu penting dan mana itu ingin. Karena tanpa bisa mengerti alokasi pengeluaran yang tepat maka akan menjadikan si pemilik uang secara tidak sadar akan melakukan pembelanjaan uangnya dengan membabi buta dan akhirnya berapapun penghasilan yang sudah dia hasilkan akan habis menguap begitu saja, bahkan mungkin malah akan menyisakan cicilan yang tidak pernah habis.

3. Keahlian Mengembangkan Uang

Apabila sudah berhasil menguasai keahlian mengenerate dan mengalokasikan pengeluaran, maka tentu bakalan ada sisa uang di tabungan. Nah sisa uang inilah yang perlu di kembangkan sesuai dengan ilmu ilmu yang ada di cara mengembangkan keuangan. Dalam rangka uang yang ada bisa bekerja untuk dia agar mendapatkan pendapatan lagi dari uang yang dia miliki. Disini sudah akan masuk ke area investasi, dimana perlu mulai mengenal investasi investasi yang akan memberikan kesempatan untuk mengembangkan uangnya. Dalam fase ini harus sudah mulai tahu element penting investasi yang tidak bisa saling dipisahkan yaitu Waktu, Modal dan Rate. Dengan investasi ini maknanya kita menekan keinginan saat ini untuk merencanakan kebutuhan dan keinginan di masa akan datang. Bahasa mudahnya adalah investasi ini membeli masa depan dengan harga masa sekarang.

4. Keahlian Melindungi Uang

Koq uang perlu dilindungi sih?lha ya iya, kalau kita tidak memiliki keahlian ini maka akan bisa mengakibatkan hal hal yang tidak diinginkan terjadi dan akhirnya uang yang sudah kita investasikan akan berkurang. Contoh sederhananya adalah didalam perpajakan, apabila seorang entrepreneur hanya memiliki kemampuan menghasilkan uang, mengatur pengeluaran, dan mengembangkan uang tanpa memiliki keahlian ke 4 ini maka suatu saat bisa aja uang hasil investasinya berkurang karena kewajiban pajak. Misalkan kenapa koq dalam berbisnis lebih baik menggunakan badan hukum Perseroan Terbatas dari pada orang pribadi, karena kewajiban pajak penghasilan PT dengan OP tentunya berbeda dan selisihnya besar sekali lho. Banyak cara untuk melindungi uang yang telah dikumpulkan , tidak hanya dalam perpajakan, tetapi banyak cara lain yang harus kita pelajari.

5. Keahlian Mengelola Informasi Uang

Di dunia yang serba digital dan terconnect seperti sekarang ini, salah satu element penting dalam keuangan adalah keahlian mengelola informasi tentang keuangan agar aset aset yang sudah kita bina jangan sampai tergerus karena salah mengambil keputusan. Informasi tentang kondisi makro maupun mikro ekonomi yang terjadi di sekitar kita merupakan hal penting yang harus kita kelola, karena hal itu akan berdmpak secara negatif maupun positif atas investasi yang kita kembangkan dan lindungi. Contoh paling mudah adalah, apa yang harus kita sikapi ketika dolar atau emas menguat, apa korelasinya dan bagaimana eksekusi yang harus kita lakukan untuk bisa mengembangkan dan melindungi aset investasi kita.

5 hal keahlian diatas tentunya bukan hal mudah, karena itu merupakan sebuah ilmu keuangan yang wajib dipelajari selama manusia hidup masih bertransaksi dengan uang.

Tidak ada pilihan, kita semua harus mempelajarinya sebagai sebuah ilmu mulai umur sedini mungkin dari kita mengenal yang namanya uang. Tentunya dalam keahlian keuangan ini banyak diantara kita hanya meniru apa yang di lakukan oleh orang tua kita.

Karena emang tidak diajarkan di bangku sekolah, kecuali bagi mereka yang mengambil jurusan keuangan sebagai jurusan waktu kuliah.

Dalam rangka membangun kecerdasan financial inilah maka JUARA – Jaringan Usaha Amanah Ridho Allah hadir sebagai salah satu komunitas bisnis dan investasi yang bertujuan menjadi sebuah komunitas untuk meraih financial wellness dengan semangat kolaborasi, pemberdayaan dan nasionalisme. Meraih pasive income dunia dan akherat.

Salam JUARA
Panglima JUARA – Manusia 5 Kuadran

Share this: